Rahasia Agar Sukses Dalam Negosiasi



Negosisasi adalah kunci keberhasilan dalam urusan apapun yang anda jalani, mulai dari proses jual beli, pembayaran gaji karyawan, sampai perselisihan yang terjadi dalam bisnis anda dapat diselesaikan melalui jalan negosiasi. Kesalahan banyak orang adalah mereka berfikiran untk menjadi negosiator yang baik adalah memiliki argumen yang baik dalam melakukan negosiasi. Padahal tidak demikian, ada dua alasan mengapa bersikap logis dan rasional seringkali menjadikan kita gagal dalam bernegosiasi. Pertama, negosiasi adalah tentang mencari kesepakatan dengan orang lain, bukan tentang mencari siapa yang paling benar dengan alasan logis seperti debat ilmiah. Kedua, orang lebih cenderung berperilaku memperhatikan perasaannya daripada logikanya. Jadi berikut hal-hal berpengaruh yang perlu anda perhatikan agar sukses dalam melakukan negosiasi:

1. Penampilan Diri

Ada pepatah mengatakan bahwa jangan menilai buku dari sampulnya, pepatah ini keluar bukan karena tidak ada alasan, pastilah karena sifat manusia yang sering melakukan ha tersebut. jadi dalam hal ini penampilan sangatlah penting untuk membentuk sebuah kesan pertama dalam melakukan negosiasi. Penampilan yang meyakinkan, secara tidak langsung dapat mempermudah anda dalam memberikan kesan yang baik tentang diri anda kepada lawan bicara anda. Berpenampilan yang baik tidaklah harus mahal, tapi lebih kepada penampilan yang sesuai pada tempatnya sehingga lebih gampang untuk memasukkan diri anda ke lingkungan tersebut.

2. Pilihan Kata

Kata-kata bukanlah alat yang netral, kata-kata memiliki kekuatan yang besar untuk mempengaruhi seseorang. Saat kita menceritakan sesuatu seringkali kita menceritakannya lebih indah atau lebih besar dari kenyataannya agar seseorang tertarik pada pembicaraan kita, itulah sebabnya kita menyadari bahwa kata kata adalah alat yang kuat untuk memikat lawan bicara kita. Jadi mulailah dari sekarang untuk tidak mengatakan sesuatu secara berlebihan yang akhirnya dapat menyinggung orang lain, pilihlah kata kata positif dalam melakukan negosiasi, usahakan selalu rendah hati dalam berbicara dan jauh dari sombong.

3. Tempat Negosiasi

Bernegosiasi di tempat anda dapat memberikan keuntungan yang besar, karena anda bebas mengatur ruang negosiasi, sebut saja sebuah meja negosiasi dengan tumpukan kertas diatasnya akan berbeda kesannya dengan meja yang diatasnya ada keranjang buah. begitupula seperti minuman yang ditawarkan, minuman hangat akan memberikan anda kesan yang lebih ramah daripada minuman dingin yang anda berikan saat bernegosiasi.

0 Response to "Rahasia Agar Sukses Dalam Negosiasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel