Buat Kamu Para Investor Saham, Wajib Baca Ini...!!!!


Dunia saham sudah menjadi salah satu pekerjaan yang tidak bisa terlepaskan untuk semua generasi, menjadi alternatif utama ketika kamu memiliki simpanan yang tak terpakai ditabungan bahkan untuk sebagian orang menabung disaham lebih baik daripada menabung hanya pada rekening pribadi saja, jika berbicara keuntungan tentunya dunia saham sangat jauh-jauh lebih menarik, berkali-kali lipat bisa kita dapatkan jika anda beruntung namun begitu juga kerugiannya jika anda tidak jeli dan terlalu bernafsu dalam upaya mencari keuntungan yang berlebihan hal ini kerap sekali menjadi boomerang bagi si investor, untuk itu sering kali para investor diingatkan bahwa kita harus memilih menjadi investor atau trader ketika memulai bisnis saham ini namun terkadang banyak yang dari trader beralih ke investor karena saham yang ditraderkan merah atau minus.

jika diluar sana kerap kali membahas teknikal analisis (IQ), kalau ternyata meleset berubah jadi investor dadakan, mengandalkan fundamental analisis (EQ), kalau ternyata meleset juga baru kemudian bilang sabar aja, doa aja mudah-mudahan naik lagi, baru lah kalau sudah minus banyak pake spiritual analisis (SQ).

Jadi seringkali pendekatan yang kita gunakan biasanya Teknikal Analisis > Fundamental Analisis > Spiritual Analisis

Padahal menurut saya harusnya yg benar itu Spiritual Analisis > Fundamental Analisis > Teknikal Analisis.

Layaknya saat kita berhaji lalu kita tidak mengikuti urutan-urutan dalam berhaji maka kita harus bayar "dam" atau denda, jadi kalau sekarang portopolio kita merah merona artinya kita sedang bayar "dam”.

Mulai sekarang, yuk disiplin ikutin urutannya dengan disiplin yaitu Spiritual Analisis > Fundamental Analisis > Teknikal Analisis.

Selain kecerdasan Intelektual dan  emosional, maka sukses di trading dan investasi  bisa diraih saat kita juga bisa mengolah kecerdasan spiritual.

Di akhir bulan Ramadhan yang penuh barokah ini, mungkin layak bagi kita mencoba menelisik jejak kecerdasaran spiritual yang telah kita telusuri. 

Maka di pagi yang cerah ini, kita akan bahas 3 cara ampuh  untuk mengasah kecerdasan spiritual kita. 

Kecerdasan spiritual hakekatnya adalah bagaimana kita bisa berhasil membangun relasi yang membahagiakan dengan Sang Ilahi, dan sekaligus juga tercermin dalam perilaku sehari-sehari saat kita hidup saat ini, saat berinteraksi dengan segenap penghuni alam semesta.

Ada 3 cara untuk melatih kecerdasan spiritualitas yg berkaitan dg trading/investasi : 

1. Bersyukur

Semakin sering kita bersyukur, maka biasanya yang kita syukuri itu akan makin sering hadir dalam kehidupan kita.

Sebaliknya : semakin kita sering mengeluh, maka biasanya apa yang kita keluhkan itu JUSTRU akan makin sering datang ke hadapan kita.

Allah pun menjanjikan, Barang siapa yg bersyukur terhadap nikmatku  maka akan aku tambah nikmatnya, dan barang siapa kufur terhadap nikmatku maka sesungguhnya ajabku amat pedih.

Bersykur bikin portopolio menghijau, kufur bikin portopolio merah merona, jadi kalau sekarang portopolio anda merah merona berarti selama ini? hehe

Studi-studi ilmiah mengkonfirmasi : orang yang rajin bersyukur cenderung memiliki “kebahagiaan spiritual” yang solid; dan amazingly, punya peluang lebih besar untuk  hidup yang lebih sejahtera, lebih bahagia dan lebih produktif.

Mulailah bersyukur pada hal-hal yang dianggap taken for granted : pada matahari yang masih bersinar, pada pekerjaan/bisnis yang masih kita miliki, pada keluarga sakinah yang tumbuh bahagia, juga pada air yang masih membuat kita bisa mengambil air wudhu – adalah cara-cara sederhana yang terbukti membuat kita kian dekat dengan “kebahagiaan spiritual yang hakiki”

Menghamparkan rasa syukur yang terus mengalir pada karunia dari Sang pencipta adalah salah satu cara efektif untuk tenggelam dalam rasa cinta yang mendalam dengan Sang Pencipta. Itulah saat dimana air mata kerinduanmu mengalir, mengenang betapa besar anugerah yang telah DIA hadirkan dalam kehidupan kita.

2. Berbuatlah minimal satu kebaikan, setiap hari.

Ya, percikkan kebaikanmu setiap hari di muka bumi ini : bersedekah kepada anak yatim, membantu rekan kerja yang tengah kesulitan, atau ringan tangan menolong kerabat yang butuh pertolongan.

Atau juga melakukan hal-hal kebaikan yang amat sederhana : memberi senyum terima kasih kepada pak satpam, OB, atau penjaga tiket Tol; atau memberi tempat duduk kepada ibu hamil di Busway; atau mengalah pada pengendara sepeda motor di jalanan yang ramai; atau berbagi ilmu inspiratif melalui blog/twitter; dan seterusnya, dan seterusnya.

3. Niatkan aktivitas trading/investasi itu sebagai bentuk ibadah pada sang pencipta.

Apakah aktfitas trading/investasi kita membuat semakin dekat dengan Alloh atau malah makin jauh dengan Allah? Apakah saat adzan berkumandang malah asik trading dengan alasan tanggung bentar lagi pasar tutup atau karena pasar lagi bergejolak?

Hendaknya aktifitas trading/investasi itu membuat kita makin dekat dengan Allah, makin yakin akan pertolongan Allah, yakin akan pemberian Allah yg maha kaya.

Tekun berjuang untuk mengubah nasib ke arah yang lebih baik, keinginan untuk berbagi dan melakukan yg terbaik dalam setiap aktivitas adalah juga cerminan dari “kecerdasan spiritual” kita.

Demikianlah tiga cara yang mestinya bisa dilakukan dengan Disiplin, Konsisten dan Militan.

0 Response to "Buat Kamu Para Investor Saham, Wajib Baca Ini...!!!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel